Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Macam-macam Keputusan Bersama

Halo teman-teman.. Diksempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk dari keputusan bersama, dan juga cara menghormati hasil keputusan bersama. Simak artikel dibawah.

PENGERTIAN KEPUTUSAN BERSAMA 

Keputusan adalah segala putusan yang telah ditetapkan atau disetujui. Siapa pun yang terikat dan terkait dengan hasil keputusan harus menaatinya. Sebuah keputusan bisa dibedakan yaitu keputusan pribadi dan keputusan bersama. Keputusan pribadi adalah keputusan yang dibuat sendiri dan untuk kepentingan diri sendiri. Keputusan pribadi hanya berlaku untuk diri sendiri. Contoh keputusan pribadi bisa berupa setuju atau tidak setuju membeli barang atau hadiah yang akan diberikan dengan teman. Keputusan berangkat sekolah dengan berjalan kaki atau naik sepeda juga termasuk keputusan pribadi.

Selain keputusan pribadi ada juga keputusan bersama. Keputusan bersama adalah segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk dijalankan bersama. Keputusan bersama dibuat jika keputusan tersebut menyangkut kebutuhan orang banyak. Hasil keputusan bersama menjadi tanggung jawab bersama. Jika tidak ditaati, akan mendapatkan sanksi yang sudah disahkan bersama juga.

Dalam kehidupan organisasi, pengurus organisasi dituntut dapat mengambil keputusan secara baik dan tepat dalam mengatasi berbagai masalah. Demikian juga di sekolah, seorang ketua kelas atau ketua organisasi, tidak boleh bertin-dak sendiri atau mengambil keputusan sendiri tanpa melibatkan siswa atau anggota yang lain. Keputusan yang diambil haruslah merupakan keputusan bersama

MELAKSANAKAN DAN MEMATUHI KEPUTUSAN BERSAMA

     Keputusan bersama harus dilakukan sebaik - baiknya dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. Asas - asas yang harus dijunjung tinggi dalam mematuhi keputusan bersama adalah asas kekeluargaan dan gotong royong. Manfaat mengambil keputusan bersama sbg :
1. Persamaan kedudukan di antara setiap pengambil keputusan
2. Menciptakan keadilan.
3. Melatih sikap bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil
Pengambilan keputusan sesuai dengan sila keempat, yaitu "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan". Nilai - nilai yang terkandung dalam sila keempat yaitu :
1. Setiap orang berhak untuk mengemukakan pendapatnya.
2. Setiap orang harus menghormati pendapat orang lain
3. Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama.
4. Musyawarah harus diliputi oleh semangat kekeluargaan
5. Keputusan harus diterima dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA

1. Di lingkungan keluarga
     a. Menetapkan Tata Tertib Keluarga
     b. Membersihkan lingkungan rumah

2. Di lingkungan Sekolah
     a. Pemilihan Ketua Kelas
     b. Menentukan tujuan tempat wisata di lingkungan sekolah

3. Di lingkungan Masyarakat
     a. Menjaga Keamanan
     b. Kerja Bakti

SIKAP MEMATUHI KEPUTUSAN BERSAMA

Keputusan bersama, bersama dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Walaupun hasil keputusan kita tidak setuju, tetapi kita harus tetap mematuhi demi untuk kepentingan dan tujuan bersama.
Contohnya, keputusan tentang studi wisata. Pada awalnya sebagian siswa ingin studi wisata ke Candi Borobudur, Setelah dimusyawarahkan sebagian besar siswa menghendaki studi wisata ke Bali. Karena sebagian besar siswa memutuskan untuk studi wisata ke Bali, maka keputusan itu harus didukung sebagai keputusan bersama. Bagi yang kalah dalam pemungutan suara harus tetap ikut studi wisata ke Bali. Tidak boleh menolak dengan alasan karena studi wisata bukan pilihannya.
Sesuatu yang telah menjadi keputusan bersama adalah milik bersama. Semua bertanggung jawab untuk melaksanakannya. Melaksanakan keputusan bersama harus dilakukan dengan ikhlas, bukan karena terpaksa. Demikianlah seharusnya sikap yang demokratis. Mau mengakui kekalahan dan kekurangan diri sendiri dengan jujur. Mau mengakui kemenangan dan kelebihan orang lain dengan jujur.


Posting Komentar untuk "Pengertian dan Macam-macam Keputusan Bersama "