Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD / Paket A Topik Asesmen SD / Paket A

Aprel  -  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD / Paket A Topik Asesmen SD / Paket A

Guru akan dapat mengambil post-test setelah menyelesaikan semua kegiatan termasuk materi, kegiatan pemahaman dan laporan reflektif pada masing-masing modul yang terdapat di aplikasi Merdeka Mengajar.


Beberapa Catatan Sebelum Mengerjakan Post Test Pada Modul Merdeka Mengajar :

  • Anda dapat mengerjakan pertanyaan acak ini, tetapi semuanya harus dijawab.
  • Setelah menjawab semua pertanyaan, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan peringkat atau rekomendasi.
  • Jika terdapat lebih dari 40% jawaban salah dari total keseluruhan soal, maka anda akan dipaksa untuk melihat kembali materi pada modul tersebut sebelum mengerjakan Post Tes ulang.
  • Kunci jawaban Post Test dibawah ini tersusun secara acak, masing-masing akun akan mendapat soal secara acak sehingga anda harus menyesuaikan soal dan kunci jawaban dibawah ini.
Dan berikut ini adalah referensi jawaban pre-test mata pelajaran mandiri yang dapat dijadikan acuan bagi anda untuk menjawab post-test.

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD / Paket A Topik Asesmen SD / Paket A

 

Soal 1 dari 8

Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.


    a. Benar
    b. Salah


Soal 2 dari 8

Perhatikan beberapa pernyataan berikut.

  1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
  2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
  3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
  4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
  5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.

Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?

  1. 1 dan 3
  2. 2 dan 4
  3. 3 dan 5
  4. 2 dan 3
  5. 1 dan 5

 

Soal 3 dari 8

Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran Matematika berikut.

Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai.

Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?

  1. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain.
  2. Mengubah teknik asesmen
  3. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.
  4. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.

 

Soal 4 dari 8

Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.

Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?

  1. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor
  2. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor
  3. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
  4. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor

 

Soal 5 dari 8

Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....

  1. Asesmen formatif
  2. Asesmen sumatif
  3. Asesmen formatif dan sumatif
  4. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif bergantung pada pertimbangan satuan pendidikan

 

Soal 6 dari 8

Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....

  1. Capaian Pembelajaran
  2. Alur tujuan pembelajaran
  3. Poin penting dari materi yang sudah diberikan
  4. Semua benar

 

Soal 7 dari 8

Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

  1. Benar.
  2. Salah.

 

Soal 8 dari 8


Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid: "Hmm... judul?
Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
  1. Klarifikasi
  2. Nilai
  3. Perhatian
  4. Saran
  5. Apresiasi

 

Sekian Artikel Tentang Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD / Paket A Topik Asesmen SD / Paket A. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD / Paket A Topik Asesmen SD / Paket A"