Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SD / Paket A Topik Perencanaan Pembelajaran SD
Aprel - Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Merdeka Belajar Mendamppingi Murid Dengan Utuh dan Menyeluruh
Beberapa Catatan Sebelum Mengerjakan Post Test Pada Modul Merdeka Mengajar :
- Anda dapat mengerjakan pertanyaan acak ini, tetapi semuanya harus dijawab.
- Setelah menjawab semua pertanyaan, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan peringkat atau rekomendasi.
- Jika terdapat lebih dari 40% jawaban salah dari total keseluruhan soal, maka anda akan dipaksa untuk melihat kembali materi pada modul tersebut sebelum mengerjakan Post Tes ulang.
- Kunci jawaban Post Test dibawah ini tersusun secara acak, masing-masing akun akan mendapat soal secara acak sehingga anda harus menyesuaikan soal dan kunci jawaban dibawah ini.
Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SD / Paket A Topik Perencanaan Pembelajaran SD
Soal 1 dari 10
Berikut
pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
- Merupakaan pemahaman praktis.
- Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
- Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
- Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.
Soal 2 dari 10
Tidak semua
pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins
dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada
beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar
(sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang
mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan
yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal
tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
- Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian
bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”
- Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi
kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
- Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja
cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
- Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi
memiliki banyak lapisan tanah?”
- Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses
terjadinya hujan?”
Soal 3 dari 10
Produk akhir
merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir
proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...
- Agar murid mendapatkan nilai
- Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
- Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti
bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya
- Untuk membandingkan yang didapatkan murid
- Untuk menjadi data tambahan
Soal 4 dari 10
Selama ini
pelaksanaan asesmen cenderung berfokus pada asesmen sumatif yang dijadikan
acuan untuk mengisi laporan hasil belajar. Hasil asesmen belum dimanfaatkan
sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran. Pada pembelajaran paradigma
baru, pendidik diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan
sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses
pembelajaran yang berkelanjutan.
Ibu dan Bapak
Guru, pada PAUD terdapat istilah asesmen otentik, yaitu penilaian terhadap
murid yang berdasar pada fakta yang sesungguhnya atau yang dinamakan sebagai
data otentik, bukan pada data subjektif guru. Data otentik ini diperoleh saat
murid kita terlibat aktif dalam kegiatan bermain-belajar. Di saat murid
bermain, murid berada dalam posisi santai, tidak terpaksa dan nyaman. Sehingga
kita mendapatkan informasi faktual (sesungguhnya) akan ketercapaian
perkembangan murid. prinsip asesmen otentik adalah asesmen yang didasarkan pada
data faktual di lapangan, maka dalam pelaksanaannya perubahan teknik asesmen
diperbolehkan sesuai dengan kebutuhan dan minat murid. Misalnya, pada saat
bermain, kita melihat murid ini suka bercerita, sehingga yang tadinya kita
menggunakan catatan anekdot, kemudian kita ubah menjadi foto berseri. Dengan
begini, penilaian murid menjadi objektif. Dengan diperbolehkannya penetapan
asesmen yang berbeda-beda, hasil asesmen akan menggambarkan posisi capaian
murid yang sesungguhnya.
Sebagai guru hal
yang harus kita hindari berdasarkan informasi di atas adalah...
- Memperhatikan bahwa semua teknik asesmen harus kita
interpretasi agar kita dapat memaknai setiap tindakan murid lebih dalam
- Menganalisis hasil amatan pada siswa dan
menghubungkannya dengan Tujuan Pembelajaran
- Menggunakan hasil teknik asesmen sebagai rekam
jejak pembelajaran murid kita untuk menandai kemampuan, keterampilan,
minat, cara belajar murid.
- Menganalisis hasil observasi untuk membuat umpan
balik sebagai rancangan pembelajaran yang dibutuhkan pada pertemuan
berikutnya sebagai upaya untuk menguatkan Capaian Pembelajaran murid
- Menganalisis hasil observasi pada siswa dan
menghubungkannya dengan rubrik penilaian yang telah guru susun
Soal 5 dari 10
Pak Markus sedang
merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya ia akan meminta murid
menuangkan pemahamannya terkait dampak globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak
Markus memberikan kebebasan pada murid untuk memilih media kampanye selama
pesan kampaye dapat tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek
yang tepat untuk mengukur asesmen tersebut antara lain ....
- Orisinalitas, artikulasi dan intonansi, kualitas
konten, dan sistematika kampanye
- Orisinalitas, desain kampanye, kualitas konten, dan
sistematika kampanye
- Sistematika kampanye, kualitas konten,
orisinalitas, dan efektivitas media
- Kualitas konten, desain kampanye, orisinalitas, dan
desain media
Soal 6 dari 10
Indikator
pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan ....
- asesmen formatif yang akan dilakukan
- asesmen sumatif yang akan dilakukan
- tujuan pembelajaran yang ditetapkan
- sarana dan prasarana belajar murid
Soal 7 dari 10
Salah satu tujuan
dari penyusunan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah ....
- Mendapatkan nilai rapor siswa
- Menjadi bahan refleksi dan evaluasi untuk
memperbaiki proses pembelajaran
- Memastikaan tujuan pembelajaran tidak salah
- Mendapatkan standar minimal pencapaian kompentensi
murid
- Memudahan guru menilai asesmen
Soal 8 dari 10
Pernyataan
berikut yang salah tentang modul ajar adalah ...
- Modul ajar adalah bagian dari perencanaan
pembelajaran.
- Modul ajar setara dengan RPP.
- Komponen dalam modul ajar bisa disesuaikan dengan
kebutuhan guru.
- Modul ajar perlu memuat komponen kemampuan
prasyarat.
- Modul ajar perlu memuat informasi dimensi Profil
Pelajar Pancasila yang diasah pada modul tersebut.
Soal 9 dari 10
Ibu Yuki sedang
melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk
pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal
berikut:
- Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
- Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa
mengasah kemampuan berpikir proses
- Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa
mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
Jika akan
menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah
....
- Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan
kebutuhan muridnya
- Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas
dari pembelajaran tahun sebelumnya
- Menyiapkaan sarana seperti teknologi pendukung yang
bisa mengakomodir aktivitas belajar
- Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan
bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring
Soal 10 dari 10
Pak Robert sedang
mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar.
Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses
internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan.
Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak
memerlukan telepon genggam.
Upaya modifikasi
modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
Modifikasi
terkait sarana dan prasarana belajar.
- Modifikasi terkait konten isi.
- Modifikasi asesmen.
- Modifikasi materi.
- Modifikasi model belajar.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SD / Paket A Topik Perencanaan Pembelajaran SD"