Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Asesmen Topik Asesmen SD / Paket A
Aprel - Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Asesmen Topik Asesmen SD / Paket A
Guru akan dapat mengambil post-test setelah menyelesaikan semua kegiatan termasuk materi, kegiatan pemahaman dan laporan reflektif pada masing-masing modul yang terdapat di aplikasi Merdeka Mengajar.
Beberapa Catatan Sebelum Mengerjakan Post Test Pada Modul Merdeka Mengajar :
- Anda dapat mengerjakan pertanyaan acak ini, tetapi semuanya harus dijawab.
- Setelah menjawab semua pertanyaan, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan peringkat atau rekomendasi.
- Jika terdapat lebih dari 40% jawaban salah dari total keseluruhan soal, maka anda akan dipaksa untuk melihat kembali materi pada modul tersebut sebelum mengerjakan Post Tes ulang.
- Kunci jawaban Post Test dibawah ini tersusun secara acak, masing-masing akun akan mendapat soal secara acak sehingga anda harus menyesuaikan soal dan kunci jawaban dibawah ini.
Soal 1 dari 12
Asesmen sebagai proses
belajar bertujuan untuk
- sarana refleksi bagi murid terkait pencapaian diri
terhadap capaian pembelajaran.
- melakukan penilaian akhir capaian pembelajaran
murid.
- mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki
pembelajaran di tema berikutnya.
- melakukan pengecekan minat.
Soal 2 dari 12
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
- Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan
pemahaman diri terkait materi tertentu.
- Untuk merencanakan perbaikan proses pembelajaran
selanjutnya.
- Untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian tujuan
pembelajaran pada periode tertentu.
- Untuk mengetahui nilai capaian belajar anak.
- Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan belajar
setiap individu.
- Untuk merencanakan pola pendampingan belajar yang
perlu dilakukan.
Fungsi asesmen
sumatif bagi guru adalah …
- 1 dan 4
- 2 dan 3
- 4 dan 6
- 1 dan 5
Soal 3 dari 12
Pak Ian ingin
mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga ingin
melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid.
Manakah asesmen
di bawah ini yang dapat dilakukan oleh Pak Ian?
- Murid mengerjakan proyek IPA kemudian Pak Ian
memeriksa dan menilai produk akhir yang dihasilkan dari proyek yang
dikerjakan.
- Murid mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi,
kemudian Pak Ian memberikan umpan balik agar murid melakukan perbaikan.
- Murid melakukan penilaian diri sendiri terkait
penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak Ian membaca hasil penilaian
diri tersebut.
- Murid melakukan penilaian antarteman saat
mempresentasikan temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling
memperbaiki dan melengkapi temuan mereka.
Soal 4 dari 12
Asesmen hanya
digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses
pembelajaran yang telah berlangsung
- Benar
- Salah
Soal 5 dari 12
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1. Dapat
digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
2. Dapat
digunakan untuk memetakan perkembangan proses belajar murid.
3. Dapat
digunakan sebagai alat untuk menentukan kualitas guru.
4. Dapat
digunakan untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
5. Dapat
digunakan untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran
saja.
?Pernyataan yang
tepat terkait fungsi asesmen adalah
- 1, 2, dan 5
- 1, 3, dan 4
- 1, 2, dan 4
- 2, 4, dan 5
Soal 6 dari 12
Dalam melakukan
penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit menggunakan tes
tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi murid.
Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak Adit tidak sesuai
dengan prinsip
- Menyeluruh
- kesesuaian fungsi umpan balik
- adil
- sederhana informatif
Soal 7 dari 12
Peran asesmen
dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
- Untuk memberikan informasi kepada kepala sekolah
mengenai kualitas pembelajar yang terjadi di sekolah
- Menstimulus pola pikir kritis murid untuk
mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
- Meningkatkan kemampuan guru dalam mengecek hasil
akhir pencapaian murid
- Membantu guru untuk menentukan strategi
pembelajaran selanjutnya
Soal 8 dari 12
Penyataan yang
benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama
untuk semua guru dan semua murid.
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi
standar minumum yang harus dicapai setiap murid.
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan
sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian
pembelajaran sesuai kondisi murid.
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak
berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen
yang akan dilakukan.
Soal 9 dari 12
Pak Dentje adalah
seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami kaitan antara Capaian Pembelajaran
dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dengan asesmen.
Pak Dentje
menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami
- Menelaah Capaian Pembelajaran.
- Menurunkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan
pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
- Melakukan asesmen.
- Dari indikator asesmen diturunkan menjadi kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran.
- Menurunkan tujuan pembelajaran menjadi indikator
asesmen.
- Mendiagnosis penguasaan murid dengan bantuan
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
- Menentukan intervensi pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah
yang tepat dan sesuai urutannya adalah
- 1 - 2 - 5 - 3 - 4- 6 - 7
- 1 - 2 - 3 - 5 - 4 - 6 - 7
- 1 - 2 - 3 - 7 - 5 - 4 - 6
- 1 - 2 - 5 - 4 - 3 - 6 - 7
Soal 10 dari 12
Asesmen yang
dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas
adalah
- asesmen formatif
- asesmen sumatif
- asesmen diagnostik
- asesmen diri
Soal 11 dari 12
Bu Alda akan
melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen . Untuk tes tersebut, sebaiknya Bu
Alda menggunakan instrumen asesmen ….
- Catatan anekdotal
- Rubrik
- Tabel ceklis
- Lembar pengamatan
Soal 12 dari 12
Pak Didi akan
melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut:
Menyajikan
hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di
lingkungan sekitar.
Teknik asesmen
yang tepat untuk digunakan oleh Pak Didi adalah
- melakukan observasi mengenai perkembangan
pengetahuan murid mengenai gaya dan gerak.
- menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk
mengetahui pemahaman murid mengenai pemanfaatan gaya dan gerak.
- melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya dan
gerak disertai laporan pelaksanaan projek.
- melakukan tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Asesmen Topik Asesmen SD / Paket A"