Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Makna Kurikulum Dalam Pendidikan Topik Kurikulum Merdeka
Aprel - Kunci Jawaban Modul 1 Kurikulum Merdeka Makna Kurikulum Dalam Pendidikan.
Guru akan dapat mengambil post-test setelah menyelesaikan semua kegiatan termasuk materi, kegiatan pemahaman dan laporan reflektif pada masing-masing modul yang terdapat di aplikasi Merdeka Mengajar.
Beberapa Catatan Sebelum Mengerjakan Post Test Pada Modul Merdeka Mengajar :
- Anda dapat mengerjakan pertanyaan acak ini, tetapi semuanya harus dijawab.
- Setelah menjawab semua pertanyaan, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan peringkat atau rekomendasi.
- Jika terdapat lebih dari 40% jawaban salah dari total keseluruhan soal, maka anda akan dipaksa untuk melihat kembali materi pada modul tersebut sebelum mengerjakan Post Tes ulang.
- Kunci jawaban Post Test dibawah ini tersusun secara acak, masing-masing akun akan mendapat soal secara acak sehingga anda harus menyesuaikan soal dan kunci jawaban dibawah ini.
Kunci Jawaban Modul 1 Kurikulum Merdeka Makna Kurikulum Dalam Pendidikan
1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang
dipelajari murid.
- Benar
- Salah
2. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada
projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat
aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi
yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik
sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut,
kecuali….
- meminta
murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
- mengajak
murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
- mendorong
murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi
nyata tersebut
- mengajak
murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang
berbeda
3. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum
adalah…
- Kurikulum
diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
- Perubahan
kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri
- Kurikulum
diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
- Perubahan
kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju
4. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal,
Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah
di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada
di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju
dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke
sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan
meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada
murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan
murid dari sekolah lain.
Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu
Solihat di atas adalah….
- Hal
tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam
pengembangan kurikulum
- Hal
tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih
dahulu di sekolah perkotaan
- Hal
tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di
sekolahnya
- Hal
tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan
murid
5. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi
terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….
- tidak
semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum
dari pemerintah
- setiap
satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda
- kurikulum
yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan
- guru
membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di
sekolah
6. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah
pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara
pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus
dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang
sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….
- meminta
murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket
- melewati
bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya
- mengajak
murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan
hewani lainnya
- mengajak
murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang
ada di daerahnya
7. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah
atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah...
- Kondisi
daerah satuan pendidikan
- Latar
belakang ekonomi murid
- Sarana
dan prasarana satuan pendidikan
- Semua
benar
8. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey
karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki
karakter sebagai berikut:
- berasal
dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
- memilih
untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang
yang lebih tinggi
- memiliki
gawai dengan spesifikasi terbatas
- memiliki
ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka
mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi
di atas, kecuali....
- mengadakan
ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber
daya yang ada
- memasukkan
pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia
dini
- mengintegrasikan
muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi
pekerja
- melibatkan
murid dalam usaha penghijauan sekolah
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Makna Kurikulum Dalam Pendidikan Topik Kurikulum Merdeka"