Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Modul 5 Perspektif Global PDGK4303

MODUL 5
ISU – ISU DAN MASALAH GLOBAL DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN IPS SD

Kegiatan Belajar 1
ISU – ISU GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

         Kemajuan dan pemanfaatan IPTEK dalam bidang komunikasi, transportasi, multimedia, kamera, dan pemotretan jaraj jauh, teropong serta pennginderaan dari satelit telah memperluas cakrawala pandang manusia yang memperkaya materi pembelajaran IPS
         Kontak antarmanusia dan arus barang, berita dan informasi, baik secara fisik langsung tanpa perantara maupun tidak langsung melalui berbagai media, memperluas cara pandang manusia mulai dari tingkat global, untuk membina perspektif global dalam diri manusia. Proses yang demikian itu merupakan salah satu tugas yang harus diperhatikan pada pembelajaran IPS
         Secara alamiah, baik kondisi alam-fisik maupun sosial-budaya manusia dipermukaan bumi, tersebar tidak merata dan beraneka ragam. Ketidakmerataan dan keanekaragaman SDA dan SDM ini menjadi dasar terjadinya penjelajahan, kontak sosial, perdagangan serta kemajuan cara pandang manusia terhadap kehidupan baik dalam konteks keruangan maupun dalam perkembangan waktunya. Kenyataan yang demikian itu, menjadi landasan materi pada kajian pembelajaran IPS
         Fenomena dan masalah kehidupan di permukaan bumi sebagai suatu kenyataan merupakan proses yang berkembang dalam ruang tertentu pada perjalanan dari waktu ke waktu. Kenyataan yang demikian merupakan perpaduan jalinan antara faktor ruang dengan faktor waktu yang mencirikan karakter aspek kehidupan tersebut . fenomena itu merupakan hal yang menarik bagi pembelajaran IPS


Kegiatan Belajar 2
MASALAH – MASALAH GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD


Masalah-masalah global menurut Merry M Merryfield :
A. Penduduk dan keluarga berencana ( populationand family planning )
Masalah ini terletak pada tingkat kesejahteraaan dan kemakmuran yg rendah akibat adanya kesenjangan yang besar antara pertumbuhan serta jumlah penduduk yang terus meningkat dengan pertumbuhan segala kebutuhan yang terbatas.

B. Pembangunan ( development )
Pembangunan sebagai rangkaian kegiatan perencanaan - pengkajian – uji kelayakan – pengelolaan – pelaksanaan – evaluasi – memerlukan sdm yang handal, dana yang mendukung dan suasana yang kondusif bagi negara –negara miskin dan terbelakang belum dapat teratasi karena sdmnya belum berkualitas.

C. HAM ( human right )
Masalah ini terletak pada pelanggaran yang terjadi dan dialami oleh orang-orang tertentu baik sebagai individu maupun sebagai kelompok oleh pihak-pihak tertentu baik sebagai individu maupun kelompok oleh pihak-pihak tertantu yang memiliki kekuasaan atau yang berkuasa ; terjadi secara lokal di kawasan/negara tertentu bahkan tingkat dunia.

D. Migrasi ( emigration, immigration, refugees )
Perpindahan penduduk secara emigrasi ( perpindahan penduduk menuju negara lain yang akan menetap di negara baru), imigrasi ( perpindahan penduduk dari suatu negara ke dalam negeri tertentu yang akan diperkirakan menetap di negeri terakhir), dan pengungsian ( perpindahan sekelompok penduduk dari suatu kawasan atau negara ke awasan atau negara lain , karena faktor-faktor tertentu yang mendesak ). 

Perpindahan ini menimbulkan masalah antara lain:
• Masalah ekonomi ( lapangan pekerjaan, kekurangan bahan pangan )
• Masalah politik ( perang saudara, perbedaan ideologi )
• Bencana alam ( banjir, kekeringan, wabah )

E. Kepemilikan bersama secara global ( the global commons )
Tiap kawasan dengan kawasan lain , tiap negara dan negara lain terdapat batas wilayah ( darat, perairan, udara ). Pada kenyataannya baik samudra luas dan angkasa luar yang tidak bertuan menjadi segketa yang dapat menimbulkan masalah besar.

F. Lingkup Hidup Dan SDA ( Environment and natural resources )
Lingkungan hidup adalah segala apa yang berpengaruh terhadap sifat dan pertumbuhan manusia , meliputi :
• Lingkungan alam ( fenomena alam )
• Lingkungan sosial ( manusia )
• Lingkungan budaya ( hal dan hasil rekayasa manusia )
• Lingkungan psikologis ( suasana kehidupan kejiwaan )

SDA ( UU RI No.4 tahu 1982 ) adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas :
• sumber daya manusia,
• sumber daya alam hayati dan non hayati,
• sumber daya buatan.

Benda atau fenomena yang sama disebut sebagai lingkugan daan dapat juga sumber daya.
Sebagai akibat lonjakan pertumbuhan penduduk dan kebutuhannya, lingkungan sebagai sumber daya tidak lagi mamapu menjamain kehidupan manusia, diperlukan IPTEK.
Pemanfaatan IPTEK dapat menimbulkan dampak negatif dalam bentuk masalah lingkungan seperti kekeringan, banjir, tana longsor, kenaikan suhu udara global, baik lokal, regional bahkan global

G. Kelaparan dan bahan pangan ( hunger and food )
Kelaparan dan keterbatasan persediaan bahan pangan baik ditingkat lokal, regional maupun global, diatasi oleh FAO telah melakukan upaya dalam sektor pertanian pangan ini. Namun demikian, karena kendala sosial tidak meratanya kualitas kemampuan SDM, kendala politik dan kekuasaan, kendala cuaca yang menyebabkan kegagalan panen , kesejangan antara pertumbuhan kebutuhan pangan dengan pertumbuhan persediaan bahannya tidak dapat dihindarkan.

H. Perdamaian dan keamanan ( peace security )
Kerawanan – kerawanan terhadap perdamaian dan keamanan, bermula dari pertentangan etnis ke pertentangan rasial , politik ke ekonomi, dari ambisi – gengsi – arogansi elit yang berkuasa tingkat nasional ke tingkat regional sampai tingkat global yang meresahkan perdamaian serta mengganggu keamanan global.

I. Prasangka dan diskriminasi ( prejudice and discrimination )
Meliputi aspek-aspek etnis ( kesukuan ), ras, kelas, jenis atau kelamin , agamaa ekonomi dan politik dapat menjadi dasar prasangka yang kemudian berkembang menjadi diskriminasi.
Perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang : perbedaan kualitas kemampuan SDM-nya dalam menguasai, menerapkan dan memanfaatkan IPTEK, pendidikan memiliki kedudukan dan peranan strategis.
Pemecahan masalah global dat dlakukan dengan kerjasama di segala bidang kehidupan dan saling ketergantungan antar masyarakat, bangsa serta negara di dunia.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Modul 5 Perspektif Global PDGK4303"