Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Modul 3 Perspektif Global PDGK4303

MODUL 3 PENTINGNYA KESADARAN DAN WAWASAN DALAM PERSPEKTIF GLOBAL




KEGIATAN BELAJAR 1Pentingnya Kesadaran dalam Perspektif Global


Kesadaran mengandung arti keinsyafan terhadap ego, diri atau benda. adalah kemampuan untuk melihat diri sendiri sebagaimana orang lain dapat melihatnya (Loren Bagus, 1996). Adalah pengakuan diri yang muncul dalam diri sebagai cetusan nurani.

Dan jika dikaitkan dengan perspektif global, maka kesadaran adalah pengakuan diri bahwa kita adalah bagian dari kehidupan dunia yang mempunyai ketergantungan terhadap orang lain dan bangsa lain serta terhadap alam sekitar baik local, nasional dan global.

Wawasan global adalah suatu pemahaman terhadap pengetahuan, fenomena, masalah, dan peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manusia sehingga kita berusaha untuk mempertahankannya

Untuk mendukung kesadaran dan wawasan kita perlukan adanya landasan seperti :

A.            NASIONALISME (KESADARAN NASIONAL)

Imawan mengutip pendapat Haas (Yaya,1998) “nasionalisme yang kuat dapat menjadi pilar terhadap pengaruh buruk dari perkembangan teknologi yang pesat ini”
·         Adalah cinta tanah air dengan prinsip baik buruk adalah negeriku.
·         Mampu menangkal perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama.
·         Memiliki kesadaran nasionalisme yang cukup kuat, misalnya kesetiakawanan social, ketahanan nasional dan musyawarah nasional

B.             NORMA DAN AGAMA
Memberikan landasan kepada bangsa kita untuk dapat memilih dan memilah informasi  yang dapat kita gunakan adalah pilar utama untuk menangkal pengaruh negatif seiring dengan gelombang globalisasi.

C.            NILAI BUDAYA DAN BANGSA
Menurut Emil Salim (Mimbar Pendidikan, 1989), terdapat 4 bidang kekuatan gelombanng globalisasi yang paling menonjol, yaitu:
a.              Perkembangan IPTEK
b.              Kekuatan ekonomi.
c.              Masalah lingkungan hidup.
d.             Politik
Adikusumo (Mimbar Pendidikan, 1989) mengatakan bahwa globalisasi adalah Spektrum perubahan sosial yang sulit diantisipasi.

Mata pelajaran  yang bersifat global, misalnya:
1.              PPKn terdapat materi yang berkaitan antara lain dengan Hak Asasi Manusia, keadilan, demokrasi dan lain-lain.
2.              IPS berkaitan dengan masalah lain iklim, lingkungan dan kependudukan, pengaruh revolusi Inggris, setra sistem dumping di Jepang.
3.              IPA berkaitan kebocoran ozon, pemanasan atmosfer, EL-Nino dan sebaginya.

Steiner (1996) “global teacher” atau Guru global, mengemukakan yaitu kita berwawasan global namun bertindak dari mulai lokal sehingga mencapai yang lebih global.

Menurut Mochtar Buchari (Mimbar Pendidikan, 1989), peningkatan daya saing itu berikut:
a.       Peningkatan produksi dan mutu produk.
b.      Penguasaan bahasa inggris
c.       Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.      Penguasaan IPTEK

 KEGIATAN BELAJAR 2Pentingnya Wawasan Dalam Perspektif Global


Cara untuk meningkatkan dan memperluas wawasan yang paling efektif adalah melalui pendidikan. 4 hal yang dapat dikembangkan tersebut yaitu :
1.      Kemampuan mengantisipasi (anticipate)
2.      Mengerti dan mengatasi situasi (cope)
3.      Mengakomodasi (accommodate)
4.      Mereorientasi (reorient)

Pendapat Har Tilaar (1998) tentang konsep inovasi yang dapat meningkatkan wawasan tentang masalah global dan globalisasi seperti berikut :
1.      Kompetitif
2.      Kualitas diatas kuantitas
3.      Superhighway
4.      Kemampuan berbahasa
5.      Kemampuan berbisnis
6.      Melek digital




Posting Komentar untuk "Rangkuman Modul 3 Perspektif Global PDGK4303"